Chocolateva's fruit

try to be usefull person,simplify,share,and smiled ^^

Brain Power ^^


Bismillahirohmairohim ^^. Sungguh manusia harus memilih dengan sebaik-baiknya ketika kita diberikan waktu luang dan kesehatan, akankah keduanya itu akan membuahkan hasil yang manis, atau justru akan menjadi memori hidup yang akan diulas karena telah disia-siakan. ketika itu aku disuguhkan artikel manis By Steve Gillman. Excerpt from Chapter 5 of A Book of Secrets yang berjudul 70 Ways to Increase Your Brain Power, dan dari ke-70 cara itu, ada beberapa cara yang bisa kita coba dan telaah untuk menjadi pengisi hidup sehat kita ^^ tanpa harus mengeluarkan banyak biaya :

1) Breath deep, dengan banyak oksigen yang masuk,maka kita akan semakin banyak menyuplai oksigen dalam darah yang mengalir dalam tubuh dan otak.Sehingga kebutuhan otak dan tubuh terpenuhi, kita juga tidak akan mudah menguap lagi ^^ (hindarilah menguap, karena di kondisi seperti itu, berarti pertahanan tubuh kita sedang tidak baik, menguap akan banyak memasukkan udara tanpa filterisasi). Mengambil nafas yang dalam, akan membangkitkan kinerja paru-paru dan diafragma, sehingga kita pun bisa relaks dan berpikir pun lebih kondusif.

2)Meditate, meluangkan waktu sejenak sekitar 5 sampai 10 menit. jika kita punya waktu luang, pagi-pagi mungkin setelah riyadoh, tak ada salahnya untuk melakukan ini untuk relaksasi, menjernihkan pikiran, dan mempersiapkan menjalani aktifitas selanjutnya.

3)Good thinking habits, berpikir jernih (khusnudzon) akan meringankan beban kita, menjadikan langkah kita maju dan terarah.

4)Learn a language, berikut penjelasan dari Steve Gillman, Learning a new language has been shown to halt the age-related decline in brain function. It also introduces your mind to new concepts and new ways of looking at things (in English we are afraid, whereas in Spanish we have fear). It is one of the best brain exercises.

Jadi, tidak ada salahnya kita belajar hal baru dalam hidup kita, berbagi ilmu, buku dan pengalaman ^^.

Kita diciptakan menjadi manusia yang berbeda, SubhanaAllah walaupun kita sama-sama memiliki mata, hidung, mulut, telinga, alis namun tetap bisa dibedakan antara yang satu dengan yang lainnya, bahkan orang kembar sekalipun. Oleh karena itu kita harus berusaha memperbaiki diri menjadi lebih baik ^^ hamasah…Kenapa ada orang yang bisa menguasai berbagai bahasa padahal bahasa itu punya konsep yang berbeda, misalnya pernah kita dengar :

A: Bonjour. Ou est mon carnet?

Good morning. Where is my notebook?

Ohayo gozaimashu. Sore wa watashi no hon desu ka?

(Selamat pagi. Di mana buku catatan saya?)

B: Oui. Le voila (ya. itu di sana)

Good Morning. There is in your bag.(Pagi. Ada di dalam tas mu)

Ohayo gozaimashu. Kore wa anata no hon desu.

(Maaf saya juga berusaha untuk belajar =p jadi maaf klo kata2nya acak-acakan ^^)Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, ketiga bahasa tadi hampir memiliki makna yang sama, Namun otak kita mampu merespon bahwa itu berasal dari bahasa yang berbeda. Kata Einstein, sebenarnya manusia tidak sepenuhnya mempergunakan 100% otaknya tapi hanya sekitar 10%(Jadi mari kita saling membantu untuk bisa mengerahkannya dengan optimal =D)

Cobalah baca berikut ini ^^ :

Jika bisa ditangkap sebenarnya maksud dari kalimat acak di atas adalah :

As long as you get a certain amount of sleep – probably a minimum of five hours – the quality seems to be more important than the quantity. Also, short naps in the afternoon seem to work well to recharge the brain for some people.

Jadi otak kita tidak hanya bisa membaca tiap satuan maksud makna kata, tapi bisa menangkap keseluruhan maksud kata. Coba jika kita membuat program untuk bisa melakukan hal yang sama, meskipun bisa, tapi membutuhkan codingan yang ekstra =p. Kita juga dianugrahi kemampuan untuk membedakan warna, merasakan tekstur sesuatu dengan sentuhan,memiliki perasaan, mencium, mendengar. So give thanks to Allah. ^^

5)Write, menulislah, dan jadikan tulisan kita sebagai sarana untuk mengembangkan diri, berbagi, memotivasi dan mengevaluasi. (Saya masih baru belajar nulis, jadi Dozo Yoroshiku ^^ )

6)Develop your Intuition, intuisi bisa membantu membangkitkan kinerja otak, biasanya intuisi akan menggunakan cara memprediksi dan mengamati kebiasaan yang sudah pernah dilakukan serta mengaitkan suatu pengalaman

7)Sleep better, tidur yang cukup dan tidak berlebihan(efektif)

Tidurlah seperti apa yang disunahkan rasul, berwudhu, berdoa dan menghadap/memiringkan tubuh ke kiblat(posisi jantung di atas sehingga jantung bisa bekerja dengan maksimal)

Bangun pagi dan menjaga kualitas shalat subuh. Ada yang mengatakan kualitas aktifitas kita selama hari itu dimulai dengan kualitas shalat subuh kita. So, keep praying ^^ Hamasah \(>o<)/

8)Avoid Sugar, walaupun sesuatu yang manis bisa menambah energi dan memang dibutuhkan tubuh, namun sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Allah tidak menyukai sesuatu yang berlebihan. Nikmati sayuran segar dan buah… ^^

10)Excercise, Talk

11)Walk, jalan-jalan, kalau menurut orang Cina, olah raga ini yang paling efektif membakar kalori.

12)Laugh, Tertawa bukan berati menertawakan, tapi tersenyumlah karena senyum itu ibadah ^^ Senyuman yang tulus akan membawa dampak yang baik bagi keduannya, dan bisa menjadi komunikasi yang efektif.

13)Sing,Tak ada salahnya kita bernyanyi, bersenandung atau mendengarkan musik. hal ini juga ikut berperan untuk mengembangkan kinerja otak kanan kita yang cenderung sensitif dengan kesenian.Tapi kita tidak boleh terlena, sehingga misalnya membuat tugas jadi tertunda dikerjakan (hehe ingat point 3 ). Dan tetap jadikan tilawah sebagai dzikir kita. Belajar tahsin sehingga tilawah kita bagus, itu juga belajar sesuatu yang baru dan itu baik untuk otak, apalagi setelah itu kita bisa mengajari orang lain, subhanaAllah ^^

14)Self awareness

15)Motivate yourself, seperti yang sudah pernah saya tulis sebelumnya..

16)Make a brainpowerplan, buatlah rencana-rencana besar dalam hidup, bermimpilah dan tuangkan dalam kertas hingga kelak semua itu menjelma menjadi coretan belaka, mimpi adalah harapan. namun rencana Allah lah yang terindah ^^

(Seperti autumn di samping..sungguh ingin suatu ketika bisa mengunjunginya.. dan merasakan nikmat dari Nya, maple yang begitu indah ^^)

Merci beacoup… Domo arigato gozaimashita… Thanks… Terima kasih… Matur nuwun… nuhun…. Gracias…

(Tak ada salahnya mencoba sesuatu yang baru =D )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on December 1, 2009 by in TRy to Share and tagged , , , , , .
December 2009
T W T F S S M
« Sep   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Blog Stats

  • 69,938 hits
%d bloggers like this: