Chocolateva's fruit

try to be usefull person,simplify,share,and smiled ^^

Silaturahim ^^


Shilat atau washl      menyambung atau menghimpun

Ar rahiim     kasih sayang

(tidak tercerai berai dan bersatu kembali)

 


 

Rasulullah SAW bersabda, “Yang disebut bersilaturahim itu bukanlah seorang yang membalas kunjungan atau pemberian, melainkan bersilaturahim itu adalah menyambungkan apa yang telah putus”(HR. Bukhari)

 

Dalam hadist lain dikisahkan pula,”Maukah kalian aku tunjukkan amal yang lebih besar pahalanya daripada shalat dan shaum?” Tanya Rasulullah SAW kepada para sahabat. “Tentu saja,”jawab mereka. Beliau kemudian menjelaskan, “Engkau damaikan yang bertengkar, menyambungkan persaudaraan yang terputus, mempertemukan kembali saudara-saudara yang terpisah, menjembatani berbagai kelompok dalam islam, dan mengukuhkan tali persaudaraan di antara mereka adalah amal shalih yang besar pahalanya. Barang siapa yang ingin dipanjangkan umurnya dan diluaskan rezekinya, hendaklah ia menyambungkan tali silaturahim”(HM. Bukhari Muslim)

Silaturahim adalah kunci terbukannya rahmat dan pertolongan Allah SWT. Dengan terhubungnya silatturahmi, maka ukhuwah islamiyah akan trejalin dengan baik.

“Berhati-hatilah kalian terhadap prasangka, sebab prasangka itu sedusta-dustanya cerita. Jangan pula menyelidiki, mematai-matai, dan menjerumuskan orang lain. Dan janganlah saling menghasud, saling membenci, dan saling membelakangi. Jadilah kalian sebagai hamba Allah yang bersaudara” (HR Bukhari Muslim).

 

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempererat dan menjaga tali persaudaraan islam :

  1. Ungkapkan rasa cinta anda

    “Apabila seseorang mencintai saudaranya, hendaklah dia mengatakan cinta kepadanya.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

    “Aku mencintai dia, ya Rasulullah.” Lalu Rasulullah saw bersabda, “Apakah kamu sudah memberitahukan dia?” Orang itu menjawab, “Belum.” Kemudian Rasulullah saw bersabda, “Beritahukan kepadanya.” Lalu orang tersebut memberitahukannya dan berkata, “Sesungguhnya aku mencintaimu karena Allah.” Kemudian orang yang dicintai itu menjawab, “Semoga Allah mencintaimu karena engkau mencintaiku karena-Nya.” (HR. Abu Dawud)

  2. Tunjukkan wajah bahagia

    Wajah yang dengan senyum, penuh semangat dan tidak menunjukkan rona sendu akan menimbulkan kerinduan bagi saudaranya. Bisa saja dengan wajah berseri yang telah kita tunjukkan itu akan memberikan semangat positif bagi saudara yang kita jumpai.

    “Janganlah kamu meremehkan kebaikan apapun, walaupun sekadar bertemu saudaramu dengan wajah ceria.” (HR. Muslim)

  3. Berjabat tangan

    Rasulullah saw. bersabda, “Tidak ada dua orang muslim yang berjumpa lalu berjabat tangan melainkan keduanya diampuni dosanya sebelum berpisah.” (HR. Abu Dawud)

  4. Saling berkunjung

    Nabi Muhammad saw bersabda, “Allah swt. berfirman, ‘Pasti akan mendapat cinta-Ku orang-orang yang mencintai karena Aku, keduanya saling berkunjung karena Aku, dan saling memberi karena Aku’.”  (HR. Imam Malik dalam Al-Muwaththa’)

  5. Memberikan ucapan selamat

    Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa bertemu saudaranya dengan membawa sesuatu yang dapat menggembirakannya, pasti Allah akan menggembirakannya pada hari kiamat.” (HR. Thabrani dalam Mu’jam Shagir)

  6. Saling member hadiah

    Hadits marfu’ dari Anas bahwa, “Hendaklah kamu saling memberi hadiah, karena hadiah itu dapat mewariskan rasa cinta dan menghilangkan kekotoran hati.”(Thabrani)
    Masih dalam hadits marfu’ Thabrani juga telah meriwayatkan, dari Aisyah ra. bahwa, “Biasakanlah kamu saling memberi hadiah, niscaya kamu akan saling mencintai.”

  7. Saling membantu

    Rasulullah saw bersabda, “Siapa yang melepaskan kesusahan seorang mukmin di dunia niscaya Allah akan melepaskan kesusahannya di akhirat. Siapa yang memudahkan orang yang kesusahan, niscaya Allah akan memudahkan (urusannya) di dunia dan di akhirat. Siapa yang menutupi (aib) seorang muslim, niscaya Allah akan menutupi (aibnya) di dunia dan di akhirat. Dan Allah selalu menolong hamba-Nya jika hamba tersebut menolong saudaranya.” (HR. Muslim)

 

Mari kita bersilaturahim kepada saudara-saudara kita.Niatkan untuk bersilaturahmi dan kemudian menjalankannya.(karena niat saja tidak cukup ^_^). Mempererat tali persaudaraan juga melalui doa. Saling mendoakan tmn,saudara dan orang-orang terdekat kita dalam kebaikan dan berusaha mencintai mereka karena Allah.^^

Sumber : http://www.oaseislam.com/

http://basori.staff.fkip.uns.ac.id/2009/06/17/rahasia-silaturahmi/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 15, 2010 by in smile.
March 2010
T W T F S S M
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Blog Stats

  • 72,482 hits
%d bloggers like this: