Chocolateva's fruit

try to be usefull person,simplify,share,and smiled ^^

Berada di tengah Orchid (Cattleya) =)


hmm..sekilas tentang Orchid (Cattleya)..bunga yang indah itu melambangkan pesona kedewasaan..Subhanallah bunga yang indah itu..insyaAllah representasinya akan menjadi tahapan hidup tiap orang dengan waktu berbeda.
Karena saya disini pun akan bercerita sekelumit rasa ditengah “semerbak Cattleya” =)

Bismillah…

Oksigen kembali Engkau persilakan untuk kami. Para insanMu yang dengan puas akan menghirupnya hingga mungkin kita lalai akan nikmatMu ini.Ampuni kami ya Rabb.
Alhamdulillah.Ingin rasanya kalimat indah itu selalu menghujam dalam diri tanpa bersandingkan ini dan itu.Tapi benar-benar seperti kita akan memberikan bunga mawar dengan penuh senyum hangat kepada Maha Kasih Sayang.

Alhamdulillah..mudah-mudahan menjadi bekal untuk menjemput nikmatnya bulan suci ramadhan, yang mudah-mudahan aku dipertemukan dengan training akbar itu,bulan penuh ampunan. Sedikit cerita yang menjadi salah satu potongan mozaik hidupku.Mungkin, cerita ini hanya cerita perjalanan seseorang yang sangat biasa bagi sebagian orang, tp bagiku ada ilmu di dalamnya dan mudah-mudahan berlaku jg untuk yang lain =) karena beruntunglah orang-orang yang bisa bermanfaat ilmunya, dan sekali lagi saya hanya bisa sharing dari apa yg sy dapat. Persiapkan filter agar lebih bening air yang diminum =)

Langkah kecil semakin ku percepat,beberapa menit hangus menjadi waktu diluar ketentuan, dengan kata lain aku terlambat =p kami berangkat dalam sejuknya embun yang saling berkejaran, kabut tipis dengan mentari yang mulai menyapa hangat.Akhirnya kami berkumpul, bergantian menyimak dan membetulkan. Subhanallah, Engkau memberi kesempatan hamba berada ditengah saudara2 yang ingin membelikan mahkota mewah untuk ibu dan bapaknya kelak. Tertunduk, perjalanan jauh masih harus kutempuh.Kami pun sedikit berdiskusi,tiba2 telepon berdering. Seseorang,yang kini kami jarang berkumpul dengannya, rindu berkumpul lagi dengannya, mengajak kami mengikuti suatu seminar akbar, tablig akbar dengan tema “Memberdayakan perempuan untuk melestarikan keturunan“. Mendengar tema itu, sebagai perempuan, aku juga ingin berada membayangkan ramainya seminar itu. Namun hanya ada dua tiket, padahal qt berencana berangkat bertiga.

Pelajaran pertama, jika kita meniatkan sesuatu, maka niat itu harus terbungkus rapi dengan usaha dan ikhlas, tapi apapun hasilnya hanya Allah yang menentukan. =)

Ya Rabb, mudah-mudahan perjalanan ini bisa menambah ilmu kami. Kami naik ke lantai 2, yang sebelumnya kami tersesat di ruang administrasi Salman ITB. Akhirnya kami sampai di acara itu, dengan membeli satu tiket box terlebih dahulu. Tahukah teman, apa yang ada dibenakku ketika itu, berbeda dari dugaanku mungkin lebih tepatnya dugaan kami. Di tiket itu tertera seminar untuk umum dengan berbagai sponsor yang tidak asing dan salah satu pembicaranya ada astried ivo yang dulu pernah mengisi acara keputrian di kampus, saya kira, akan banyak mahasiswa dari berbagai angkatan dan perguruan tinggi berkumpul disana, terutama para mahasiswi.
Yah memang benar telah berkumpul mantan2 mahasiswi yang telah menyandang gelar bunda, umi, ibu, ataupun mama. Kami mengambil kursi beberapa baris dari belakang, karena kami juga agak sedikit terlambat =p lagi.

Beberapa menit untuk meyakinkan diri, mudah-mudahan ilmu yang kami dapat, jangan kita pedulikan rasa tak enak ataupun tersipu malu.Kuranglebih itulah prolog yang berkecamuk sebelum kami menikmati serangkaian acara nanti. Tapi memang, sempat merasa ingin, hayuks mba kita pulang aja, tapi alhamdulillah untung kami perginya bertiga =D ternyata seminar parenting. Melihat dari perkenalan saat melontarkan pertanyaan, hampir semuanya adalah orang tua berpengalaman dengan satu anak, dua, tiga bahkan empat. ibu dan bapak muda maupun yang sudah mempunyai cucu.Ruangannya tampak elegant, yah salah satu sponsornya juga merupakan wadah alumni jemaah haji ITB. Kami saling bertatap muka, masih ada rasa aneh ketika itu, bismillah =)
Kemudian teringat, ada satu mba kosan yang juga ingin menyusul ikut denganku, mungkin awalnya dia juga berpikiran sama, tablig akbar yang sama, Namun setelah aku sms,dia bahkan menyemangatiku, “selamat menikmati belajar menjadi orang tua.. nanti di sharing ke kita ya =D“.

Pembicara pertama, menurutku bagus tapi entah kenapa tidak membuatku begitu antusias, mungkin karena kami telah melewatkan setengah bahasan.Namun, beberapa pernyataan yang dilontarkan membuatku geli. Si bapak menganggap kami semua sudah berstatus menikah, waduh apa bapaknya tidak memperhatikan kami bertiga, atau kami sudah memiliki wajah seorang ibu muda? mungkin mba dan temanku, aku rasa mereka sudah memiliki aura itu =p,tapi aku… hanya bisa tersenyum geli =D Berjeda waktu shalat dan makan siang,dengan diiringi nasyid Pelangi.

Subhanallah, pelajaran kedua, keterbatasan bisa mengubah seseorang menjadi semakin istimewa.Kita senantiasa harus bersyukur atas apa yang kita miliki, termasuk kita bisa melihat warna dunia. alhamdulillah ya Rabb.

Akhirnya pembicara yang kami tunggu beraksi, dia berparas cantik, inner dan outer beauty.Terkesan lembut dan menenangkan. Subhanallah ketika beliau menyampaikan ilmu pada kami, keluarlah karakter keibuan yang tegas dan menyayangi.Namun kami harus terbiasa dengan sapaan menggelitiknya kepada kami semua yang berada di ruangan itu. Berulang kali beliau menyapa kami(peserta) dengan sebutan bunda dan ayah(yah memang hampir semuanya sebagian besar ibu2 dan sedikit bapak2).

Pelajaran ketiga, dengarkan dan resapi, mudah-mudahan akan menjadi bermanfaat kelak, dan memulainya dari sekarang =).
Berikut sedikit cuplikan bahasan dari beliau :
(sambil menirukan dialognya ^^ )Bunda…kita sebagai muslimah, memiliki empat peran :
menjalankan, menaati apa-apa yang diperintahkan illah kita, Allah, dan menjauhi apa-apa yang dilarangNya. Termasuk di dalamnya kenapa kita sebagai perempuan memakai hijab. Seperti yang tertera dalam kitab Allah(Al Ahzab : 59, An nuur : 31). Subhanallah ternyata dari segi ilmiah, kenapa hanya wajah dan telapak tangan yang tidak tertutup, karena kulit wanita lebih tipis dibanding laki-laki, sehingga lebih rentan, namun tubuh tetap membutuhkan vitamin D dan wajah serta telapak tangan memang lebih bagus penyerapannya.
Hijab merupakan pilihan istimewa yang diperuntukkan kepada istri-istri nabi, anak-anak dan sahabat nabi, serta wanita muslim. =)
Ibu adalah madrasah pertama
Keluarga kecil seperti sekolahan, suami sebagai kepala sekolah dan kita bunda…sebagai guru multitalent untuk anak-anak kita. Kapan kita menjadi madrasah? sejak kita belum menikah,dan kita harus menyadari dan mempersiapkannya. Saat pembahasan point ini, kami serasa diajak benar-benar tersimulasi menjadi ibu, yah mungkin terhanyut. Pertanyaan dan solusi yang diberikan. Ada ibu yg ingin kelak dihadiahi mahkota mewah oleh anaknya, subhanallah, mudah-mudahan kelak kami juga bisa menjadi ibu yang beruntung itu, dan dimulai dari kita terlebih dulu..=) insyaAllah..bismillah…
Bagaimana menghadapi pertanyaan anak-anak kita,bahkan pertanyaan anak kecil yang kritis, mengajak mereka shalat, mengajak mereka tentram dengan islam dan Al Quran sebagai petunjuk jalan hidup, dan jujur,memotivasi,sabar, doa, kisah2 teladan serta kata-kata lembutlah jawabannya. Indahnya surat cinta dari Allah untuk kita. Ya Rabb..ampuni kami…
Bunda..kita harus menjadi istri gholimah untuk suami kita dan pendamping suami kita.
Bunda..sebenarnya kita beruntung terlahir sebagai perempuan. karena jika kita mau berusaha, tersedia banyak tiket untuk kita, menjadi istri yang patuh pada suami, menjadi ibu yang melahirkan generasi terbaik, menjaga kehormatan diri,suami dan keluarga. Surga membutuhkan perjuangan dan pengorbanan.
Bunda ketika kita ikhlas dan sabar menjalaninya, bahkan saat kita mengambilkan segelas air putih untuk suami kita ketika pulang, langkah kita adalah pahala, maka perbanyaklah langkah.
Ciptakan keluarga sakinah ma waddah wa rohmah. Saling melengkapi, karena pernikahan itu seperti menggabungkan dua manusia yang tidak sempurna kemudian menjadi satu kesatuan. Ungkapkanlah dengan hati, maka lisan pun akan tertangkap oleh hati.Begitu pula sebagai suami, maka jadilah suami yang gholim.
Barang siapa menggembirakan hati istri, (maka) seakan-akan menangis takut kepada
Allah. Barang siapa menangis takut kepada Allah, maka Allah mengharamkan tubuhnya dari neraka.Sesungguhnya ketika suami istri saling memperhatikan, maka Allah memperhatikan mereka berdua dengan penuh rahmat. Manakala suami merengkuh telapak tangan istri (diremas-remas), maka berguguranlah dosa-dosa suami-istri itu dari sela-sela jarinya
.” (HR Maisarah bin Ali dari Ar-Rafi’ dari Abu Sa’id Al-Khudzri r.a.)”
Orang yang beruntung adalah bermanfaat bagi orang lain. Muslimah harus senatiasa berilmu dan menyebarkan ilmu, iqra’.
Bukan melaksanakan shalat tetapi mendirikan shalat, dan bunda..sajadah kita adalah dimana kita berpijak.Action and action……….

Beberapa point yang membuat kami sangat menikmatinya.Subhanallah..alhamdulillah Engkau memberikan kami kesempatan terselip ditengah2 para bunda yang ingin menjadi bunda yang lebih baik lagi =) Rasa tak enak dan tersipu malu diawal acara,perlahan hilang dan terhapus rasa senang mendapatkan ilmu ini.

Tik tok, sudah tiba waktu ashar,singgah di masjid yang menyerupai masjid kampus kami lalu kami pun pulang. Karena suatu rencana lain pun telah terukir =). Sejenak bersua dengan sahabat =D yang aku kira minggu ini dia tidak jadi berkunjung ke kosan, karena tak ada kabar terbaru.Sedikit bercerita, namun tak berlangsung lama, teman saya dalam seminar tadi menjemput saya dengan beberapa rombongan komposisi berbeda, termasuk mba kosan yang tidak jadi menghadiri seminar =p kembali melaju menuju salah satu masjid di Bandung, Habiburrahman. dan ini pertama kalinya bagi saya. Memang, walau sudah hampir 3 tahun di Bandung, masih banyak tempat yang belum saya kunjungi, yang terkadang beberapa teman terkejut dengan spontan…apa..kamu belum pernah ke temapat itu…=D dan aku hanya bisa tersenyum =)…
Sebelum sampai ke tempat itu, Allah menyuguhkan indahnya bulan purnama, dan gemerlip lampu kota dari kejauhan. Kami menghabiskan malam kami di tempat itu =)

Saat shalat subuh usai, dari belakang terdengar rengekan anak kecil kepada ibunya.
“Ma..ayo shalat lagi ma..adek pengen shalat di depan”(ternyata si anak kecil ingin shalat di shaf depan, namun karena tidak menemukan papanya jadi si anak pengen ibu itu menemaninya)
“Ayo cari papa sayang”(sang ibu berusaha menenangkan)
“papa ga ada ma..ayo ma..ayo…” (sang anak tetap merengek, umurnya mungkin 3 atau 4 tahunan) aku menatap ibu itu sembari tersenyum dari kejauhan.. dan sang ibu tersenyum seraya berkata pada anaknya “hayuks kita berinfak”
“infak apa ma…”
“infak itu bersedekah”
“sedekah apa ma…”
“sedekah dengan memberikan sejumlah uang ke kotak itu untuk saudara-saudara kita”
“kenapa bersedekah ma…”
“karena kita semua bersaudara, satu keluarga dan saling membantu, adek mau bersedekah kan =)”
“iya ma..yang banyak ya ma…”
Jadi teringat materi tadi siang, untuk point kedua, dan nantinya saat prakteknya pun akan membutuhkan kesabaran yang lebih. Karena mereka adalah titipan =)
Menikmati suguhanNya di rumahNya. Kemudian kami pun pulang.

Sebenarnya bukan kapasitas saya untuk menceritakan materi ataupun cerita ini..namun kebetulan Allah memberi kesempatan saya untuk merasakannya. Dan mudah-mudahan dengan berbagi, akan membuat kita semakin saling menjaga, mengingatkan dan bersyukur.amin.alhamdulillah ya Rabb.

Perjalanan dimulai kembali menuju kosan tercinta, melalui tenangnya kota yang masih lenggang dari kesibukan.

Islam adalah jalan menuju kebahagiaan. Ketenangan dan ketentraman akan kita dapatkan dengannya. Berniatkan berserah dan mengabdi padaNya, karena pertemuan denganNya adalah hak.Sungguh, jadikan kami ke dalam orang-orang sabar dan soleh yang selalu Engkau sayangi. Tak dapat dipungkiri, ketika kami terkadang hanya sangat terasa begitu dekat denganMu ketika kami Engkau uji. Bahkan kami terlalu asyik dengan rutinitas yang Engkau gariskan padahal itupun juga bisa jadi ujianMu. Susah dan senang, tangis dan tawa. Itu semua adalah nikmat dan ujianMu.Ampuni kami ya Rabb.
Sekali lagi Ya Gaafur, hamba minta kepadaMu untuk senantiasa memberikan petunjuk dan cahayaMu dalam kehidupan Kami. dan ingatkanlah kami ketika kami lalai, sehingga Engkau tidak berpaling ketika kita memohon pertolonganMu.
Ya Barii, alhamdulillah..Engkau telah memberiku orang-orang istimewa. Mereka seakan terselip dan menyelip dlm memoriku.. yah.. yang akan senantiasa memenuhi setengah hati dan pikiran ini.alhamdulillah….

…….malam nisfu syaban…masih ramai mba2 kosan dan teman2nya yang sibuk dengan TA…semangat…biidznillah..sukses selalu mba…buat teman-temanku..mudah-mudahan jalan sukses dan terbaik akan menyertai kita semua.
Apa perbedaan antara hambatan dan kesempatan? Perbedaannya terletak pada sikap kita dalam memandangnya. Selalu ada kesulitan dalam setiap kesempatan; dan selalu ada kesempatan
dalam setiap kesulitan. (J. Sidlow Baxter)

Karena rencanaNya lah yang terindah dan telah dipersiapkan untuk kita… Hamasah \(^^)/…don’t give up….

Pelajaran terakhir..tetap tersenyum dan bersyukur..=)

Advertisements

7 comments on “Berada di tengah Orchid (Cattleya) =)

  1. yuli
    July 27, 2010

    subhanallah va

    • chocolateva
      July 28, 2010

      bu yuli…^_^ makasih udah berkunjung… mana alamatnya?ntr aq link =D
      syukron jg udah membuat sy bisa bercerita seperti ini…=)

  2. yuli
    July 31, 2010

    ini evo chan,,,,maaf masih dikit tulisannya,,,,hehe,,,curahan hati semua,,,,,

    • chocolateva
      July 31, 2010

      🙂 udah aq link yul…..wah nuansa baru ceritanya bu..:D bagus2… truz yang satunya mau ditinggalin?

  3. yuli
    August 11, 2010

    yup va mau aku tinggalin,,dihapus ja vo chan linknya

  4. sanggemintang
    August 12, 2010

    serba bunga,,,itulah eva ^___^

    • chocolateva
      August 13, 2010

      ^_^ lg seneng sm bunga mba ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on July 27, 2010 by in let's see and tagged , , , .
July 2010
T W T F S S M
« Jun   Aug »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Blog Stats

  • 73,084 hits
%d bloggers like this: