Chocolateva's fruit

try to be usefull person,simplify,share,and smiled ^^

..:: Sehelai daun =)


Beragam jenis pohon kita jumpai, tersebar, hampir di seluruh belahan dunia. Ciri, keunikan dan manfaat yang dibawanya semakin memaknai. Satu diantaranya, Pohon Trembesi.

Samanea saman yang sering disebut dengan Trembesi (Rain tree) merupakan tanaman pelindung yang mempunyai banyak manfaat. Trembesi berbentuk melebar seperti payung (canopy), pohon yang masuk dalam sub famili Mimosaceae dan famili Fabaceae ini biasa ditanam sebagai tumbuhan pembawa keteduhan. Uniknya, daun pohon saman bisa mengerut di saat-saat tertentu, yaitu 1,5 jam sebelum matahari terbenam dan akan kembali mekar saat esok paginya setelah matahari terbit. Jika hujan datang, daun-daunnya kembali menguncup.
Trembesi merupakan jenis pohon yang memiliki kemampuan menyerap karbondioksida dari udara yang sangat besar, akar trembesi dapat digunakan sebagai obat tambahan saat mandi air hangat untuk mencegah kanker. Ekstrak daun trembesi dapat menghambat pertumbuhan mikrobakterium Tuberculosis (Perry, 1980) yang dapat menyebabkan sakit perut. Trembesi juga dapat digunakan sebagai obat flu, sakit kepala dan penyakit usus (Duke and Wain, 1981)

Pohon berakar kokoh, menghujam ke bumi
Tinggi menjulang menengadah ke langit
Rindang, meneduhkan dan mengayomi
Tak gersang, menyuguhkan sari pati
Tak cukup sehelai daun untuk mencapai tujuannya
Tetap, pasokan air menjadi kebutuhannya
Tetap, dimulai dari sehelai daun
Sehelai daunkah kita?


Pohon kehidupan, tak jarang kita mendengar kata itu. Ibarat pohon beserta komponennya, akar, daun, batang dan ranting. Sehelai daunkah kita?
Berada dalam satu lingkungan kehidupan, kita diperkenalkan dengan ilmu, diperkenalkan dengan sahabat, teman, pencapaian, permasalahan, usulan,kekosongan, kritikan, masukan, kepercayaan maupun keraguan. Teringat nasihat dari saudari yang sungguh beruntung dipertemukan dengannya – seorang ibu yang sudah banyak makan garam dalam kehidupan keluarga, keilmuan, aktifis dakwah, lingkungan dan masyarakat. Ketika pohon ibarat kita berada dan beraktifitas di suatu tempat, semakin tinggi pohon, semakin tinggi tujuan yang ingin dicapai, semakin banyak pasokan air yang dibutuhkan. Sungguh beruntung ketika kita dipersilakan untuk singgah di pohon yang kokoh dan tinggi menjulang, mulia cita-citanya, dan banyak manfaatnya, menjadi bagiannya adalah suatu keberuntungan. Menengadah ke langit, senantiasa mengharap ridhoNya dan bersyukur atas semua nikmatNya. Sehelai daunkah kita?
Pohon yang rindang dan tak gersang, membuatnya teduh, dan dibutuhkan. Mengayomi dan penuh kebersamaan, memberi dan saling mengingatkan. Sehelai daunkah kita?
Ketika tak cukup sehelai daun untuk membuatnya rindang, sehelai daunkah kita?
Pohon yang rindang membutuhkan banyak daun untuk menjadi bagiannya. Ragam daun, daun yang sudah menghijau jelas, daun yang masih hijau pupus, bahkan akan ada daun yang menguning. Sehelai daunkah kita?
Sebelum pohon dapat mengayomi, daun-daun butuh saling percaya, saling mendukung, saling menguatkan, bekerjasama dan mengingatkan. Berbagi air yang disalurkan, berbagi pengalaman, siraman hati, motivasi, dan impian. Tetap, pendistribusian membutuhkan proses, tetap, ruang dan waktu membutuhkan pemakluman. Sedikit demi sedikit, karena perubahan membutuhkan kesabaran.
Pohon yang rindang dan tak gersang, akan memberikan manfaat dan menyejukkan pandangan. Dimulai dari sehelai daun, helai demi helai akan membuatnya rindang. Sehelai daunkah kita?
Sungguh beruntung bisa menjadi bagian dari pohon yang rindang dan tak gersang, walau kita hanya menjadi sehelai daun yang tidak nampak diantara ribuan daun lainnya. Hanya padaNya kita meminta dan berharap, untuk diizinkan dan dimudahkan menjadi sehelai daun yang bersama membuat pohon menjadi rindang dan tak gersang. Daun yang tidak nampak diantara ribuan daun lainnya, namun tetap berada dalam pohon yang rindang dan meneduhkan.

pohon adalah salah satu penyumbang oksigen, akan tetapi hanya sebesar 20% untuk bumi. pohon berguna untuk mitigasi (mengurangi) karbondioksida yang ada di bumi. jadi untuk mengurangi dampak pemanasan global, tanamlah pohon agar CO2 nya dapat dimanfaatkan oleh pohon. karena nilai wajar dari CO2 adalah 0,1% di bumi ini, tetapi tahun 2010 ini kadar CO2 di atmosfer bumi sudah mencapai 0,3%
Plankton adalah organisme yang menyumbang 80% kebutuhan oksigen yang ada di bumi ini. dengan kemampuannya berespisari menghasilkan gelembung-gelembun oksigen yang terdapat di dalam laut, oksigen tersebut terlepas ke udara dan menjadi gas yang bisa kita nikmati sekarang.

Helai demi helai daun akan bersatu menyumbang oksigen walau hanya sebesar 20%. Sehelai daunkah kita? =) dan tak akan yang tahu, kapan helai demi helai daun itu jatuh ke tanah….

Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daunpun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir bijipun dalam kegelapan bumi dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).

(al An’am :59)

http://www.taukahkamu.com/2010/12/sebenarnya-siapakah-penyumbang-o2.html
http://matoa.org/trembesi-samanea-saman/
http://id.wikipedia.org/wiki/Ki_hujan
http://aladalah.wordpress.com/2008/04/25/sehelai-daun-jatuh-3/

Advertisements

2 comments on “..:: Sehelai daun =)

  1. Ariff
    March 22, 2011

    dulu di smpku ada pohon trembesi yg gede bgt,
    tp dulu anak2 sering nyebutnya turi besi,
    bener ga si? :mrgreen:

    • chocolateva
      March 29, 2011

      wah.. klo pohonnya gedhe adem berarti y…:) krg tw rip.. setahuku nama lainnya ki udan… 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 22, 2011 by in dream ^^ and tagged , , .
March 2011
T W T F S S M
« Feb   May »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Blog Stats

  • 72,482 hits
%d bloggers like this: