Chocolateva's fruit

try to be usefull person,simplify,share,and smiled ^^

Teropong Tanggul Porong


Indonesiaku, tertoreh catatan kaki,pernah banjir Lumpur Panas Sidoarjo atas kisahmu. Siapa sangka, pemukiman Desa Renokenongo, kecamatan Porong, kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur itu akan tergenang oleh lumpur panas. Semburan yang terjadi disinyalir akibat adanya dua teori pengeboran. Lumpur pun belum dapat dihentikan, bahkan dengan tiga skenario dengan Snubbing unit, sidetracking, dan relief well oleh para pakar dibidangnya. Kami sempat menjadi saksi dengan melihat langsung lumpur panas yang semakin luas, beberapa hari kemarin.

Sepanjang jalan raya Porong yang nampak macet, terlihat beberapa warga sekitar tengah menawarkan jasa antar “jalan pintas” untuk menghindari kemacetan. Mungkin kini jasa mereka itu dijadikan salah satu sumber mata pencaharian.Namun, kami tidak memilih menggunakan jasa mereka, melainkan terbesit keinginan untuk meneropong tanggul Porong secara langsung.Kami menyempatkan menjejakkan kaki di atas pemukiman Porong Sidoarjo yang tergenang. Mobil terparkir di lahan pinggir jalan raya Surabaya-Malang.

Beberapa anak tangga kami lewati, dan untuk menapakinya, kami membayar sejumlah uang sebagai tiket masuk. Di atas tanggul itu, di tengah hingar bingar suara klakson mobil, kendaraan maupun truk yang melintas, terhampar lumpur panas yang luas.

Dapat dibayangkan, hampir 6 tahun silam, belum ada tanggul di sana, warga pun tengah sibuk dengan rutinitasnya. Anak-anak kecil berlarian, memanggil ibunya, berceloteh, berjalan dengan gagah menuju sekolah. Begitu pula dengan orang-orang dewasa di sana, mereka sibuk dengan kegiatannya, pekerjaannya. Namun kini, lumpur panas itu membungkus kisah 16 desa di 3 kecamatan.

Sebelum menaiki tangga-tangga tanggul, kami disambut oleh rumah bertingkat tak berpenghuni yang mulai miring bangunannya. Salah satu rumah yang menjadi sisa peninggalan pemukiman yang tergenang.

Entah, tiada yang tahu, bisa jadi, jika ternyata peristiwa ini adalah cikal bakal fenomena gunung lumpur (mud volcano) seperti di Bledug Kuwu, Purwodadi, Jawa Tengah. Saya pernah mampir kesana, mendekat ke beberapa gundukan tanah lumpur meletup-letup, memuntahkan lumpur cair, nampak seperti rawa. Gundukan letupan itu memiliki diameter yang berbeda-beda, dengan jarak yang berpola acak pula.     

Wahai saudara kami yang di Porong, saudara kami yang terpilih untuk menjadi orang-orang tegar dan kuat untuk menghadapi cobaan. Sabar akan senantiasa mengalirkan pahala kepadamu.  

Terkait data artikel : http://id.wikipedia.org/wiki/Banjir_lumpur_panas_Sidoarjo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on February 2, 2012 by in story and tagged , , , , .
February 2012
T W T F S S M
« Jan   Mar »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
2829  

Blog Stats

  • 72,482 hits
%d bloggers like this: